Mengenal Sosok Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara

Selamat hari pendidikan nasional
2 Mei adalah Hari pendidikan nasional bertepatapn dengan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang pelopor pendidikan Indonesia. Beliua lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Jakarta, meninggal pada tanggal 26 April 1959 di Yogyakarta. Sosok Ki Hajar Dewantara juga dikenal sebagai aktifis pergerakan kemerdekaan Indonesia,politisi dan kolumnis.

kegigihannya sebagai pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia inilah yang menyebabkan tanggal kelahirannya ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dan dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. “tut wuri handayani” yang artinya seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang, itu adalah semboyan yang diciptakan oleh beliau dan menjadi slogan kementrian Pendidikan Nasional Indonesia.

Sifat kepimimpinan yang di ajarkan Ki Hajar Dewantara ada tiga, yaitu Ing Ngarso Sun Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani.
menurut beliau, pemimpin yang baik dan menjadi panutan bagi orang lain adalah pemimpin yang memiliki ketiga sifat diatas. Ing Ngarso Sun Tulodo bermakna bahwa menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang – orang disekitarnya, Ing Madyo Mbangun Karso bermakna bahwa seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat, dan tut wuri handayani bermakna bahwa seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.

 

 “Selamat Hari Pendidikan Nasional, semoga kita bisa memaknai hari ini dengan baik dan bisa mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara dan semoga pendidikan di Indonesia semakin bermutu.”

Incoming search terms:

Tags: , ,

Leave a Reply